Menu Close

Pelatihan Reguler Website BPR/S Bersama Perbamida Wilayah Jateng & DIY

Solobaru, Kamis 08 Agustus 2022, Perhimpunan Bank Milik Pemerintah Daerah (PERBAMIDA) Wilayah Jawa Tengah dan DIY menyelenggarakan program pelatihan berbasis digitalisasi dengan judul “Pelatihan Reguler Website & Road Show DPP Perbamida” dengan diikuti oleh berbagai perwakilan dari beberapa Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di wilayah Jateng & DIY.

Dalam kegiatan tersebut, Perumda BPR Bank Purworejo juga mengirimkan perwakilan sejumlah 3 orang, yaitu Direktur Utama, dan 2 orang staf yang tergabung dalam tim digital marketing. Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dimulai tanggal 07 – 09 September 2022.

Penyampaian materi dimulai pada hari kedua pukul 07:30 WIB oleh Bapak Adam Joyo Pranoto, S.Kom, ME selaku direktur bisnis dari PT BPR Bank Jombang (Perseroda) dengan materi terkait dengan Pengelolaan dan Pengembangan Website BPR. Selain itu juga disampaikan terkait dengan kelengkapan dan kesesuaian isi Website dengan aturan atau Pedoman Standar Minimum Website yang telah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam forum pelatihan tersebut juga disampaikan bahwa penggunaan dan kepemilikan website pada masa saat ini sudah menjadi suatu keharusan bagi industri keuangan perbankan. Hal tersebut berkaitan dengan beberapa aturan yang telah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan dimana website tersebut digunakan sebagai media penyampaian pelaporan perbankan sesuai dengan POJK Nomor 48/POJK.03/2017 tentang Transparansi Kondisi Keuangan Perbankan dan  SEOJK Nomor 12/SEOJK.07/2014.

Pada sesi kedua pelatihan diisi oleh narasumber dari PT BPR Bank Boyolali yaitu Bapak Surya dengan tema materi Layanan Digital SMS banking dan Whatsapp blaster yang diberi nama “Infinity”. Melalui layanan SMS dan WA Infinity ini dapat mempermudah nasabah / calon nasabah untuk mendapatkan informasi terkait dengan layanan perbankan maupun produk dari BPR.

Sesi selanjutnya dilanjutkan dengan sharing materi dari Perumda BPR Bank Jogja yang disampaikan oleh Bapak Bayu. Melalui pak bayu, Bank Jogja memberikan materi atau sharing pengalaman terkait dengan pengelolaan ATM Cardless milik Bank Jogja atau biasa disebut “Loket Bank Jogja”. Selain ATM Cardless bank jogja sharing mengenai peningkatan pemakaian media sosial sebagai sarana media promosi salah satunya dengan berkolaborasi dengan  infuencer atau tokoh yang sedang viral agar dapat mendongkrak  popularitas postingan maupun media sosial BPR.

Sesi terakhir pada hari pertama diisi oleh Tim IT dari PT BPR Bank Jombang  (Perseroda) dengan tema penyampaian materi Pengoptimalisasi Digital Marketing bagi BPR BPRS. Didalam penyampaiannya Bank Jombang berbagi tips dan pengalaman bagaimana meningkatkan performa media sosial BPR dalam berbagai platform mulai dari Google Bussiness, Google Maps, Instagram, Youtube, dll.

Hari Kedua Jumat, 09 September 2022 pelatihan dimulai pukul 08.00 WIB dipimpin dan diisi oleh Bapak Sugeng dari PT BPR BKK Purwokerto dengan materi “Peningkatan Pelayanan Melalui Penggunaan QRIS”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *